Friday, January 21, 2011

tips biar cake ga bantat

Sebel banget deh kalo cake yang udah kita enak-enak malah bantat, apalagi kalo cake bantat pas dapet pesenan...huaaa pengen nangisss deh..jadi kudu buat lagi.
di bawah ini sekedar info diambil dari republika 
  1. Perhatikan resepnya, takarlah bahan-bahan dengan tepat dan ikuti tahap pembuatannya.
  2. Siapkan peralatan sebelum membuat kue. Jangan sampai adonan Anda sudah siap sedangkan loyang belum disiapkan.
  3. Dalam pembuatan cake cokelat pun ternyata ada trik tersendiri. Biasanya dengan penambahan cokelat bubuk, jumlahnya akan menggantikan jumlah terigu. Jika dalam resep tercantum 200 gram terigu dan Anda ingin berinisitif menambahkan 50 gram cokelat bubuk, maka kurangi jumlah terigu tadi. Jangan lupa, ayak kedua bahan kering tersebut menjadi satu.
  4. tips dari mamah tersayank ku : alat-alat membuat kue kudu kering( mis baskom dll ), mentega dan telor ga bole dalam keadaan dingin (jadi kalo beli dalam keadaan dingin diamkan sampe suhunya normal ), dan jangan lupa kalo mo ngaduk adonan dengan spatula, aduklah dengan satu arah.
  5. Panaskan oven sekitar 15 sampai 20 menit sebelum digunakan. Panas ideal untuk cake antara 175 hingga 200 derajat celsius. Dan jangan lupa, kenali sifat-sifat oven Anda.
  6. Untuk mengetes kematangan, Anda dapat menusuk bagian tengah dengan lidi bersih. Jika saat di angkat tidak ada adonan yang melekat, berarti kue sudah cukup matang. Segera keluarkan dari oven dan keluarkan dari cetakannya. jangan didiamkan dalam oven terlalu lama, karena proses pematangan akan terus berlanjut.
  7. kata tante alma neh yg jago masak.. Kalau masukin bahan ke adonan harus sedikit-sedikit, jangan sekaligus.
moga-moga berguna :)

No comments:

Post a Comment