Saturday, January 15, 2011

Thomas Cake

Saya mulei bikin cake Thomas  jam 5 sore, Padahal planningnya kudunya pagi-pagi jd biar malam tinggal dekor. Tapi lagi-lagi alasan si mood yang belum  keluar. Pagi-pagi saya malah keluyuran ke Zentrum, beli kado..pulang ke rumah tiduran bentar barulah bikin cake .Thomas cake ini pertama kali nya saya bikin..Kalo bikin cake nya cepet..tapi membuat kereta dan mendekornya yang lama..maklum saya masih amatiran apalagi di dunia Marzipan dan Fondan.
Untuk membuat bagian cake paling bawah saya menggunakan loyang d=26 dengan 2 adonan. masing-masing  adonan  cake saya belah dua, dikasih cream dan ditumpuk menjadi satu layer tambah lagi cream dan  tumpuk lagi cake jadi total saya bikin 3 layer.
Dan 1 adonan thomas saya menggunakan loyang kereta. Tetapi karna Thomas dan kereta ada perbedaan jd kudu ada bagian yang dihilangkan dan ditambah.  Nah bagian ini sulit banget kalo buat aku. Untungnya aku dibantu sama aa. Dan ini foto si Thomas sebelum di hias.

Setelah itu barulah mendekor dengan Marzipan.Kenapa saya pilih marzipan bukan Fondant ada beberapa alasan neh. Fondant disini ingredient nya ada E471, walopun di Jerman katanya aman, cuma riskan aja karna belum langsung ditanya sama suplier nya. Kemudian saya cari ke supermarket marzipan untuk khuss untuk dekor tapi ada kandungan alkohol. Jadinya saya pake Marzipan untuk khusus untuk tambahan   masak dan kue. Waktu beli saya udah mulei curiga pasti kalo pake Marzipan ini rada rese secara emang bukan untuk dekor. Marzipan sendiri warnanya butek alias putih ga jelas...jadi ditambah warna apapun hasilnya rada gelap dan ga bagus. Benar aja pas saya kasih warna biru eeh jadi nya hijau...dikasih merah eeh warna keuungu-unguan...yang paling bagus kalo dah dikasih warna orange dan kuning.  Jadi biar warnanya rada bagus penggunaan warna nya pun kudu rada banyak.
Dulu saya pernah di ajarkan kalo mau mendekor marzipan atau Fondant kudu alasnya kudu pake gula halus..tapi dengan marzipan ko hasilnya tetep lengket yaa...akhirnya saya coba pake  pake alas kue (seperti yg ada di foto, nagian kertas yang warna putih) eeh alhamdulillah tanpa gula halus hasilnya bagus ko. Dan untungnya saya sudah membeli secara mencicil alat fondant jd alhamdulillah ga terlalu beribet. Tapi tetap saja sulit saat mendekor figuran si Thomas...ga bisa rapih...apalagi pas kudu bikin wajah si Thomas mana saya ga punya seperangkat alat untuk membuat modeling. Dengan susah payah akhirnya aa bisa juga bikin wajah si Thomas hampir mirip walopun senyumnya belum ceria. Untungnya pas kue disodorkan di depan Danisch dia bilang 'Thomassssssss' aihh senenngnya Danisch ngenalin, berarti wajah si Thomas nya rada mirip.
Setelah dekor bagian si Thomas selesei sampe jam 1 malam dan dilanjutkan besok pagi untuk mendekor bagian cake dan bawahnya..nah kalo bagian ini lebih mudah karna cuma tempel-tempel saja dan finishing touch nya. Oiya bagian  rel nya saya kasih rumput dari butter cream biar cake nya keliatann  hidup dan dapet warna yang cerah.Alhamdulillah akhirnya si Thomas pun jadi..saya dan aa pun senanggggggggg dan smoga yang ultah dan ortunya pun juga puas.

 Senang juga bermain dengan Marzipan serasa inget pelajaran keterampilan tangan waktu zaman SD :).

Thx Hafni dan Kang Dadang atas pesenannya..betul-betul ngasih pengalan yang mengasikkan neh...
Alles Gute zum Geburtstag Danisch smoga jd anak yang sholeh :)

No comments:

Post a Comment