Thursday, August 26, 2010

Manok Masak Mirah / Gulai Ayam Aceh


Dapat resep asli dari orang Aceh dan dijamin enakkkk...
Makasih mba Zahra..parah-parah setelah bikin ini aa doyan banget dan nambah beberapa piring..bisa2 aku sering bikin neh.
oiya aku copy resep aslinya yaa..tp sorry aku rubah dikit menurut aku biar gampang hihi.
 
Bahan
*1 ekor ayam dipotong-potong, digarami dan diberikan jeruk nipis atau asam jawa.
* kentang dikupas dibelah empat (aku ga pake)

Bumbu 1:
Haluskan:
Cabe merah 1/2 ons
Bawang merah 3 siung
pala 1/4 buah
Lengkuas 1 cm
Ketumbar 3 sendok makan
bawang putih 5 siung, jahe 1 cm
kunyit 1,5 sdt
U neulhee* 4 sendok makan (kelapa gonseng yang telah dihaluskan)
santan 250 ml

  
Bumbu 2, Untuk menumis:
  • Bawang merah 2 siung diiris
  • Cengkeh 5 butir
  • lawang (keluwang) 2 buah
  • Serai 1 batang dimemarkan
  • daun salam 4 lembar
  • Daun kari 5 lembar
Cara:
1. Bumbu halus dan U neulhee diaduk ke dalam ayam. Tambahkan sedikit santan.
2. Tumis bumbu 2, sampai harum. Masukkan ayam (1)
3. biarkan mendidih. Tambahkan air. bila sudah setengah matang, masukkan santan.
4. Terakhir masukkan kentang. Biarkan sampai empuk dan kuahnya kental.
5. Angkat, hidangkan.
resep asli bisa dilihat disini :http://zahrafona.multiply.com/journal/item/45/Manok_Masak_Mirah_Gulai_Ayam_Aceh

No comments:

Post a Comment