Saturday, October 9, 2010

Bolu Gulung Meranti isi Butter cream


Ceritanya dalam rangka baking class barengan Mba Agnes , Intan dan Yeni..kali ini kita penasaran bikin bolu gulung..yaa untuk pertama kali susah banget..tapi lama-lama asik juga.

Resep Bolu Gulung Meranti
Resep Asli Hadi Tuwendi modified By Vita NCC
Bahan A :
6 butir kuning telur
5 telur
125 gr gula pasir
10 gr emulsifier
20 gr susu bubuk
100 gr terigu
1 gr Baking powder
1 sdm air
Cairkan :
100 gr mentega
25 gr butter
1 sdm rhum bakar / vanilla flavour
cara :
Kocok semua bahan A sampai mengembang (bila menggunakan mixer guedi -signora/kenwood, etc).
Lalu masukkan mentega cair
Bila menggunakan hand mixer, kocok telur dan gula, emulsifier sampai mengembang, masukkan air.
Tambahkan campuran terigu BP dan susu bubuk. Masukkan mentega cair
Panggang di loyang 28x28 atau 30x30 dengan suhu 180C
Penyelesaian :
Oles bolu dengan butter cream tipis, taburi keju parut. Pada satu sisi jejerkan keju yang sudah dipotong memanjang 1x1 cm sebanyak 3 buah. Gulung sambil dipadatkan
Catatan :
Bolu gulung digulung panas2 ..keluar dari oven ...balik kue diatas kertas roti yang sudah ditaburi gula tepung atau serbet bersih ..kemudian gulung dari arah yang paling dekat dengan badan menjauhi badan sambil dipadatkan ..boleh sambil ditekan dengan penggaris besi atau alat pengulung ..
Tips:
Setelah ngumpulin berbagai tips yang sarannya macem-macem, ternyata yang paling sukses adalah tips berikut:
- Kalo pake loyang ukuran 28x28 cm, adonan mendingan dibagi dua, karena hasilnya akan ketebelan dan susah dilipet. Kalo mau mending pake loyang ukuran 30x45 cm dijamin keren hasilnya. Intinya, ketebalan adonan di loyang sebaiknya sekira 1 cm aja.
- Critical point bikin bolgul adalah saat menggulung, karena kalo bikin bolu nya sih gampang banget, tinggal ikutin resep. Naa cara menggulung yang dijamin sukses dan sudah kami buktikan adalah sbb:
- Mau pake isi butter cream ataupun selai, setelah bolu matang dan dibalik di atas kertas roti, lebih baik dalam keadaan panas-panas, langsung gulung si bolu dengan kertas rotinya.
- Setelah itu buka lagi gulungan bolu, langsung isi dengan butter cream dan taburan keju, . Lalu gulung lagi dong tentu...
- Sebelum kertas roti dibuka dan bolgul dipotong, masukkan dulu dalam kulkas supaya betul-betul montok bolunya, ceile..gadis kali montok.
- Jangan lupa saat menggulung harus hati-hati dan usahakan betul-betul rapat supaya hasilnya keren. Oya saat menggulung tahan bagian ujung dengan penggaris atau benda keras lainnya.

No comments:

Post a Comment