Thursday, October 21, 2010

gerhana matahari cincin di padang sumatera barat

fenomena alam terjadi lagi kini terjadi di kota padang , fenomena itu sempat menghebohkan warga kota padang dan sekitarnya , gerhana matahari cincin terjadi 21 oktober 2010 pukul 10.15 WIB
seperti dijelaskan disalah satu blog di bawah ini"


http://lipurs.files.wordpress.com/2009/07/gerhanacincin2_thumb.jpg?w=459&h=354
kamis, 21 Oktober 2010, cincin matahari terlihat di langit kota Padang. Tepat sekitar pukul 10.15 WIB tadi pagi, terlihat matahari yang sedang bersinar ditutupi oleh gerhana yang berbentuk cincin.
Masyarakat kota Padang menatap ke atas langit. Mereka menyaksikan fenomena alam matahari yang dilingkari pelangi ini.

Cincin yang mengelilingi matahari ini disebut dengan istilah "halo" matahari, dan berasal dari bahasa Yunani Kuno, artinya "lingkaran bulan." Saat halo matahari ini terjadi di langit kota Padang, matahari agak terik dengan awan tipis menutupinya. Namun, angin bertiup sepoi-sepoi. Fenomena alam ini terlihat beberapa jam sebelum menghilang disapu awan.

Meski agak terik dan terasa menyilaukan mata, sejumlah masyarakat tetap menatap matahari. Mereka tidak ingin kehilangan kesempatan untuk menyaksikan fenomena alam yang jarang terjadi di langit kota Padang ini. Bahkan, beberapa di antaranya mengabadikan peristiwa ini dengan kamera digital maupun kamera handphone.
sumber:http://inioke.com/konten/2919/halo-matahari-hiasi-langit-kota-padang.html

No comments:

Post a Comment