Thursday, February 2, 2012

Cuaca Ekstrim | Cuaca Ekstrim di Indonesia | Penyebab dan Cara Menanggulangi Cuaca Ekstrim

Cuaca Ekstrim | Cuaca Ekstrim di Indonesia | Penyebab dan Cara menanggulangi Cuaca Ekstrim - Akhir - akhir ini Indonesia mengalami cuaca yang buruk yang mengakibatkan berbagai macam bencana alam terjadi. Cuaca Ekstrem yang melanda membuat perubahan musim di Indonesia tidak teratur dan sulit di prediksi. Dari definisinya Cuaca Ekstrim merupakan merupakan sebuah fenomena alam yang terjadi akibat beberapa faktor gejala alam yang berubah dan tidak sesuai dengan konsep alam yang biasanya. Dalam perubahan cuaca ekstrem ini bisa membawa dampak negatif terhadap kehidupan di dunia ini.

Beberapa dampak adanya perubahan cuaca ekstrim yang melanda di antarnya terjadinya bencana Angin puting beliung, Hujan Es, Badai Pasir , kekeringan dan cuaca buruk lainnya. Pada umumnya cuaca ekstrim didasarkan pada distribusi klimatologi, dimana kejadian ekstrim lebih kecil sama dengan 5% distribusi. Tipenya sangat bergantung pada Lintang tempat, ketinggian, topografi dan kondisi atmosfer.



Penyebab Terjadinya Cuaca Ekstrim di Indonesia masih berhubungan adanya dampak Pemanasan Global ( Global Warming ) yang telah melanda bumi ini, pernyebab lain yaitu efek rumah kaca, kurangnya penghijauan, siklon tropis dan Elnino.

Oleh karena itu kita harus menanggulangi cuaca Ekstrim yang melanda Indonesia ini dengan cara selalu peduli dengan lingkungan kita dengan memperhatikan aspek hidup sehat. Cara yang lain yaitu dengan menjaga bumi kita agar tempat dimana kita berpijak tidak cepat rusak.

No comments:

Post a Comment