Friday, February 5, 2010

Pempek ala mba Echa

Pempek ini cocok kalo dibikin kapal selam. thx mba Echa buat resep sekaligus dah ngajarin aku.
 
Bahan:
750 gr Rotbarschfilet atau Victoriabarschfilet atau Pangasiusfilet, dll
40 gr terigu
3 sdt garam
150 cc air
40 gr Speisestärke *) (bisa diganti dengan maizena)
350 gr tapioka**)
sedikit minyak sayur untuk air rebusan
Cara Membuat:
  1. Cairkan ikan kalau membeli ikan yang beku. Mencairkannya alami saja, jangan dengan microwave. Dalam keadaan sudah tidak beku tapi masih dingin, haluskan ikan (saya biasanya pakai Küchenmaschine). Dinginkan dalam kulkas.
  2. Masukkan terigu, garam, dan air dalam panci (paling bagus panci anti lengket), buat bubur. Setelah uapnya hilang, dinginkan juga di dalam kulkas.
  3. Setelah ikan dan bubur terigu dingin, bisa mulai langkah selanjutnya. Campur ikan, bubur terigu, Speisestärke, dan tapioka hingga tercampur rata. Kalau dengan Küchenmaschine adonan yang sudah rata ditandai dengan menyatunya adonan membentuk seperti ‘gumpalan’ yang menyatu.
  4. Oh ya, sembari mengadon, jerang air yang cukup banyak untuk merebus pempek. Beri minyak sedikit airnya. Setelah air mendidih, bulatkan adonan sedikit lalu rebus. Setelah matang, cicip. Kalau perlu tambah garam atau tapioka lagi. Tapi sedikit demi sedikit tambahnya. Kira-kira 2 sdm sekali tambah, lalu giling lagi, cicip lagi:-).
  5. Setelah rasa dan kekenyalan pas, mulai bentuk pempeknya (lihat di bagian resep pempek kapal selam, lenjer, dsb). Lalu rebus hingga matang.
source : http://bankresep.wordpress.com/2007/05/30/adonan-dasar-pempek/

No comments:

Post a Comment